11 April 2021
  • 11 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Bicarakan Isu Strategis, Hari ini Jokowi-Ma’ruf Bertemu Empat Mata

Bicarakan Isu Strategis, Hari ini Jokowi-Ma’ruf Bertemu Empat Mata

By on 21 December 2020 0 75 Views

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI Maruf Amin bertemu empat mata untuk membicarakan isu-isu strategis.

ROC — Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan rapat intern dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (21/12/2020). Berdasarkan jadwal, keduanya bertemu di Istana Merdeka mulai pukul 10.00 hingga 13.30 WIB. Rapat ini dilakukan di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet. Namun, apakah benar rapat membahas isu reshuffle?

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan, rapat empat mata antara Wapres dan Presiden biasanya membahas isu-isu strategis. Wajar saja bila ada yang menghubung-hubungkan dengan isu perombakan kabinet.

“Bisa jadi, karena kalau pembicaraan intern itu biasanya pengalaman yang terjadi selama ini beberapa kali Presiden mengajak rapat Wakil Presiden secara intern empat mata, dan itu biasanya terkait isu-isu strategis, isu yang hangat, dan ini tidak hanya sekali dua kali, sering,” ucap Masduki saat dikonfirmasi Senin (21/12).

Menurut Masduki, Wapres atau Presiden biasanya selalu mengajak bicara empat mata jika ada hal yang dianggap penting. Kedua pimpinan negara itu bekerja saling melengkapi khususnya untuk menghadapi berbagai isu-isu terkini.

Namun demikian, Masduki tidak bisa memastikan apakah pertemuan empat mata Wapres dan Presiden membicarakan perombakan kabinet. Ia enggan berspekulasi karena itu merupakan hak prerogatif Presiden. Tetapi di sisi lain ia memaklumi bila ada yang menghubung-hubungkan hal itu.

“Saya tidak tahu ya kalau urusan yang seperti itu karena menyangkut hak prerogatif Presiden yang kemudian dikaitkan dengan wakilnya seperti apa, mungkin Wapres dimintai pendapat apa dan segala macam, kita enggak tahu, karena Wapres enggak menjelaskan bicara mengenai apa… bilang bahwa hari ini ada rapat intern, wajar kalau orang menghubung hubungkan ya,” tutur Masduki.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, isu perombakan kabinet semakin menguat pasca adanya dua menteri Jokowi yang tersandung kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedua menteri Kabinet Indonesia Maju tersebut antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara.

Edhy Prabowo merupakan politikus Gerindra yang tersandung kasus dugaan suap izin ekspor benur lobster. Lalu Juliari P. Batubara adalah politikus PDI Perjuangan yang tersangkut kasus dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19.

Hingga kini dua kursi kementerian tersebut belum diisi oleh menteri definitif. Atas hal inilah spekulasi di kalangan publik mulai menyeruak terkait perombakan kabinet. Selain kursi Menteri KP dan Mensos, ada pula kabar sejumlah menteri lain yang akan tergusur dari kedudukannya. Namun hal itu belum terkonfirmasi secara pasti hingga saat ini.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *