18 January 2021
  • 18 January 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Beroperasi Akhir Tahun ini, Pelabuhan Patimban Belum ada Akses Langsung dengan Tol

Beroperasi Akhir Tahun ini, Pelabuhan Patimban Belum ada Akses Langsung dengan Tol

By on 4 December 2020 0 52 Views

Pelabuhan Patimban akan melayani Kontainer di bulan Maret 2021 mendatang. 

ROC — Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat akan segera diresmikan dan diluncurkan bulan ini. Pada tahap awal, pelabuhan ini akan melayani pengiriman logistik untuk kendaraan bermotor.

Lokasi Pelabuhan Patimban sendiri tak jauh dari akses utama di Jalan Pantura, letaknya pun mudah dilihat berada di pinggir jalan Pantura. Jalan akses ini sudah dibangun sepanjang 8 km dari Jalan Pantura. Jalan akses yang disediakan dan tersambung dari jalan Pantura pun sudah selesai dibuat dan cukup mulus.

Jalan yang dibuat sepanjang 8 km itu memiliki 2 jalur, tiap jalur memiliki 2 lajur, dan sudah dilengkapi dengan separator. Bentuk jalannya pun sudah diaspal dan sangat mulus saat dilewati.

Jalan akses Patimban ini dibuat layang, karena tanah di bawahnya adalah tanah rawa dan persawahan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sendiri mengatakan memang masih ada yang belum sempurna pada jalan akses menuju Pelabuhan Patimban. Menurutnya, jalan akses hanya tinggal dipoles untuk proses finishing.

Mendekati pelabuhan, jalanan masih semi permanen. Berupa tanah yang diuruk dengan bebatuan dan belum diaspal. Jalan semi permanen ini terpantau harus dilewati hingga mencapai pelabuhan, panjangnya kira-kira 600 meter.

Yang jelas, menurutnya minggu ketiga bulan ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dirinya akan melakukan soft launching Pelabuhan Patimban.

“Saya cek jalan akses, saya lihat effort PU dan Ditjen Laut sudah cukup baik, ya ini tinggal beberapa saja melakukan finishing. Paling tidak minggu ke tiga akan hadir pak Presiden di saat soft launching,” ujar Budi Karya, Kamis (3/12).

Sementara itu, untuk menuju Pelabuhan Patimban, terpantau memang belum ada akses langsung dengan jalan tol. Akses utamanya masih melalui jalan Pantura.

Untuk menuju pelabuhan ini dari Jakarta yaitu melalui tol Jakarta-Cikampek, kemudian keluar di gerbang tol Cikopo dan langsung masuk ke Jalur Pantura.

Keluar jalan tol menuju pintu masuk dan jalan akses Pelabuhan Patimban, waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Tapi totalnya, dari Jakarta ke Patimban butuh waktu 3,5 jam menggunakan kendaraan penumpang.

Pelabuhan Patimban sendiri akan sangat dekat dengan industri kendaraan bermotor yang kebanyakan berlokasi di daerah Karawang. Menurut perhitungan Menhub, dari Karawang menuju Pelabuhan Patimban hanya memakan waktu selama 1,5 jam.

“Industri mobil kan ada di Karawang yang nggak jauh 1,5 jam dari sini dan bisa pecahkan masalah kemacetan,” kata Budi Karya.

(red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *