23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Belum Mendaftarkan Hasil Kongres ke Kemenkumham, ini Alasan Kubu KLB Demokrat

Belum Mendaftarkan Hasil Kongres ke Kemenkumham, ini Alasan Kubu KLB Demokrat

By on 13 March 2021 0 40 Views

Ket gbr: Hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Kubu kontra-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menetapkan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum dan mantan kader Demokrat Jhoni Allen Marbun sebagai sekretaris jenderal Demokrat. KLB kontra-AHY digelar di Deli Serdang Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021) lalu. Foto: Kolase/Biro Setpres/kompas/ROC

ROC – Kubu kontra-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga kini belum mendaftarkan hasil kongres luar biasa (KLB) berupa perubahan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai politik dan susunan kepengurusan baru ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Hal tersebut disampaikan oleh mantan politisi Demokrat Jhoni Allen Marbun saat menjawab pertanyaan wartawan pada konferensi pers, yang digelar di rumah Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Kamis (11/3).

“Itu memang kami sedikit lengah. Kami tidak ada maksud lain-lain. Dokumentasi saja kami sedang mengumpulkan dari orang-orang yang bawa kamera,” kata Jhoni.

Ia mengatakan, pihaknya masih menyusun bukti-bukti pendukung sebelum dokumen lengkap hasil KLB diserahkan ke Kemenkumham. Pernyataan Jhoni tersebut juga mengklarifikasi beredarnya kabar bahwa kubu kontra-AHY telah menyerahkan hasil KLB ke Kemenkumham.

Sebelumnya, pendukung KLB Ilal Ferhard sempat menyebut pihaknya telah menyerahkan hasil kongres ke Kemenkumham, pada Selasa (9/3/2021) lalu. Namun, Direktur Tata Negara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham Baroto mengatakan, belum menerima dokumen apapun terkait hasil KLB Deli Serdang.

Atas simpang siur pemberitaan itu, Jhoni menuturkan ada pengurus partai versi KLB yang terlalu bersemangat.

“Ini saudara saking semangat, ya enggak apa-apa juga,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, pengurus KLB tidak akan terburu-buru mendaftarkan hasil kongres ke Kemenkumham. Jhoni juga belum dapat memperkirakan kapan dokumen tersebut akan diserahkan ke Kemenkumham.

“Sesegera mungkin, tidak perlu terburu-buru,” ucapnya.

Untuk diketahui, Jhoni Allen merupakan politisi Demokrat sebelum dipecat lantaran terlibat gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai. Jhoni bersama enam kader Partai Demokrat lainnya dipecat pada 26 Februari 2021.

Dalam KLB Deli Serdang, Jumat (5/3/2021), Jhoni membacakan keputusan hasil kongres yang menyatakan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *