2 July 2020
  • 2 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Begini Kondisi Pengungsian Warga yang Keluar dari Wamena di Sentani

Begini Kondisi Pengungsian Warga yang Keluar dari Wamena di Sentani

By on 1 October 2019 0 130 Views

ROC – Ratusan orang pengungsi asal Wamena berada di dalam sebuah gedung serbaguna milik TNI di wilayah Sentani, Jayapura. Sebagian dari mereka juga ditempatkan di tenda darurat lapangan masjid sekitaran Kabupaten Sentani.

Diketahui, mereka adalah perantau asal luar Papua yang tinggal di Wamena, Papua. Mereka diungsikan pascakericuhan yang pecah sepekan lalu di Wamena. Rumah dan harta benda mereka, seperti motor atau mobil secara sporadis dibakar kelompok massa.

Pantauan di titik posko pengungsian, mereka tinggal dengan keterbatasan. Rusli (41), salah satu pengungsi, mengaku kehidupannya setelah tinggal selama empat hari di pos pengungsian semakin tak menentu.

Bersama seorang istri dan putranya yang berusia 10 tahun, tidak ada aktivitas apa pun yang dapat dilakukannya. Namun dia mengaku suplai makanan dan sanitasi bisa terpenuhi.

“Alhamdulillah makan masih ada, air juga,” kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com di gedung serbaguna milik Markas 751 Rider TNI AD, Sentani, Jayapura, Selasa (1/10).

Sisi lain, di Posko Masjid Al-Aqsha warga pengungsi membuka dapur umum. Mereka memasak secara bersama untuk membantu persediaan makanan sehari-hari.

Untuk meredakan rasa trauma, anak-anak yang ikut diungsikan dari Wamena diajak untuk bermain games intearktif oleh Polri dan Korps Brimob. Bernyanyi dan bermain sulap, menjadi andalan agar hal-hal terkait ricuh di tempat tinggalnya dapat segera dilupakan.(Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *