27 October 2020
  • 27 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Bareskrim Periksa Tiga Tersangka Kasus Suap Djoko Tjandra Selama 7 Jam

Bareskrim Periksa Tiga Tersangka Kasus Suap Djoko Tjandra Selama 7 Jam

By on 26 August 2020 0 97 Views

Ket.gbr: Terpidana kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Djoko Tjandra (tengah) dibawa petugas Kepolisian saat penandatanganan berita acara penyerahterimaan kepada Kejaksaan Agung di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/7/2020)/(foto.dok: antara).

ROC – Badan Reserse Kriminal Polri memeriksa tiga tersangka kasus dugaan gratifikasi penghapusan red notice Djoko Tjandra, Selasa (25/8).

Ketiga tersangka itu adalah pengusaha Tommy Sumardi, Irjen Pol Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetijo Utomo.

Selama 7 jam, sejak pukul 09.30 WIB, pemeriksaan terhadap dua jenderal polisi dan seorang pengusaha tersebut berlangsung lama. Sementara Tommy saat pemanggilan Senin kemarin tidak hadir, namun ia baru memenuhi panggilan penyidik pada Selasa kemarin.

“Saudara tersangka TS telah menepati janji dan sekarang yang bersangkutan sedang diperiksa oleh penyidik sebagai tersangka,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono dalam konferensi persnya.

Untuk dua tersangka lainnya juga diperiksa pada waktu yang bersamaan. Hingga sore ini proses pemeriksaan masih berlangsung.

“Demikian pula dengan dua tersangka lain atas nama NB dan PU mereka diperiksa oleh penyidik Bareskrim Polri sebagai tersangka dan sedang berlangsung,” ujarnya.

Sebelumnya, pengusaha Tommy Sumardi alias TS ditetapkan sebagai tersangka pemberi gratifikasi dan suap kepada Irjen Pol Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prasetijo Utomo.

Suap Dua Jenderal Polisi

Tersangka Djoko Tjandra sebelumnya telah mengakui memberi suap kepada Irjen Pol Napoleon Bonaparte dan Brigjen Pol Prastijo Utomo. Hal itu disampaikannya kepada penyidik saat diperiksa sebagai tersangka baru-baru ini, Senin (24/8).

“Yang bersangkutan (Djoko Tjandra) memang sudah mengakui itu, telah memberikan sebanyak uang tertentu pada para tersangka,” ujar Awi.

Awi menuturkan, setidaknya ada 55 pertanyaan yang diajukan penyidik kepada Djoko Tjandra. Adapun fokus pertanyaan yang diajukan penyidik yakni berkaitan dengan aliran dana suap yang diberikan oleh Djoko Tjandra kepada para tersangka.

“Dari hasil pemeriksaan kami tidak bisa sampaikan secara keseluruhan apalagi terkait nominalnya karena kita masih berproses,” pungkas Awi. (red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *