18 July 2019
  • 18 July 2019
Breaking News

Banyak Portal Liar Belum Diblokir Menkominfo

By on 21 February 2019 0 100 Views

JAKARTA, ROC – Banyaknya penyedia konten liar alias portal ilegal (gelap) yang menyediakan fasilitas download gratis, mengakibatkan kerugian besar terhadap label selaku produsen musik rekaman.

Portal atau aplikasi tersebut mempermudah pengambilan konten berupa musik dari publishing resmi tanpa ijin. Sehingga, diperkirakan kerugian yang diderita label selaku korban, mencapai milyaran rupiah dalam setahun.

Namun, dari puluhan jumlah portal gelap tersebut, baru dua berkas perkara yang dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Negeri DKI Jakarta.

Menurut Suparjan, Jaksa Fungsional dari Kejaksaan Tinggi Negeri DKI Jakarta mengatakan bahwa baru dua berkas perkara dari kasus ini yang dilimpahkan dan diproses di pengadilan.

“Kami memang baru mendapat limpahan dua berkas perkara dari Polda Metro Jaya, pelaku yang pertama sudah putusan dengan hukuman 1,5 tahun, dan sekarang pelaku yang kedua berinisial ME, juga akan segera divonis,” terang Suparjan, Jaksa Penuntut Umum, saat ditemui di ruang sidang 5, PN Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2019).

Pada kesempatan tersebut, Nirmala, Ketua Hakim sidang menanyakan kepada CEO NAGASWARA Rahayu Kertawiguna tentang portal tersebut, apakah masih bisa dibuka atau tidak.

Rahayu Kertawiguna yang dihadirkan sebagai saksi korban, menerangkan kepada majelis bahwa portal tersebut sampai sekarang masih bisa dibuka meskipun kasus ini sudah dilaporkan dan bergulir sejak dua tahun silam.

“Berarti mesti ditanyakan kepada Menkominfo apakah sudah ambil tindakan terhadap portal portal tersebut, harus segera ambil tindakan,” tegas hakim Nirmala.

Agenda sidang berikutnya adalah pembacaan vonis terhadap terdakwa ME yang rencananya akan dilaksanakan pada pekan depan. [spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *