26 May 2019
  • 26 May 2019
Breaking News

Babek TNI Peringati Hari Jadi ke-48

By on 7 July 2018 0 106 Views

Jakarta, ROC – Hari jadi satuan Badan Pembekalan Tentara Nasional Indonesia (Babek TNI) yang ke-48 merupakan bagian dari tradisi satuan yang bertujuan untuk merefleksikan kembali semangat para pendahulu dalam meletakkan dasar pembentukan satuan Babek TNI.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Babek Brigjen TNI Fabian Albert Embran, di HUT Babek TNI ke-48 di Lapangan Babek TNI Rorotan, Cilincing Jakarta Utara, Sabtu (07/7/2018).

Albert menerangkan bahwa Babek TNI adalah Badan Pelaksana Pusat pada tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI yang mempunyai tugas menyelenggarakan pembekalan material TNI terpusat dan integratif dalam rangka mendukung pelaksanaan dukungan operasi TNI.

Kepala Babek Brigjen TNI Fabian Albert Embran, di HUT Babek TNI ke-48 di Lapangan Babek TNI Rorotan, Cilincing Jakarta Utara, Sabtu (07/7/2018).

“Tugas dan fungsinya antara lain penyiapan rencana penyelenggara pengadaan dan distribusi pembekalan materiil TNI terpusat, perumusan pertimbangan dan saran tentang cara pengadaan dan distribusi materiil TNI terpusat dalam suatu sistem pembekalan,” paparnya.

Sementara mantan Kababek TNI yang turut hadir di acara tersebut Mayor Jenderal TNI (purn) DR. Ir. H. Suharno Prawiro, MM,  mengatakan,di usia yang ke-48 ini, diharapkan bisa menjadi sebuah refleksi yang diharapkan akan menghasilkan evaluasi dan introspeksi atas pencapaian yang telah diraih selama ini.

Kababek TNI berfoto bersama Mantan Kababek periode sebelumnya.

“Diharapkan akan lebih mendorong dalam meningkatkan semangat pengabdian, kinerja dan prestasi satuan. Yang pada akhirnya, satuan yang dibanggakan ini dapat terus berkiprah dan berperan optimal dalam mendukung tugas pokok TNI dimasa mendatang,” ujar Suharno.

Namun, Mayjen (Purn) Suharno berpesan agar Babek TNI jangan sampai melupakan tugas pokok dari Babek ini sendiri, yang merupakan bagian integral dari sistem logistik TNI.

Mayjen TNI (Purn) DR. Ir. H. Suharno Prawiro, MM berfoto bersama Kababek TNI Brigjen Fabian Albert Embran.

“Dapat dikatakan bahwa Babek TNI memiliki peran strategis  dalam menyelenggarakan perbekalan materiil TNI secara terpusat dan integratif.  Peran strategis tersebut terletak pada optimalisasi pelaksanaan dukungan operasi TNI, yang berbasis Tri Matra Terpadu, atau dengan kata lain Babek TNI ke depan harus memiliki kemampuan memfasilitasi Interoperability Tri Matra TNI dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara,” pungkasnya.

Dalam ulang tahun tersebut, dihadiri oleh beberapa perwira TNI dan mantan perwira Kababek TNI. Selain acara hala bihalal, Babek TNI juga melaksanakan serangkaian kegiatan social seperti ziarah ke Taman Makam Pahlawan, memberikan bantuan dan mengunjungi panti social, donor darah, kegiatan olahraga dan lainnya. [Red]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *