26 May 2019
  • 26 May 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Asian Games 2018 Dinilai Sukses, Suharno: Satukan Perbedaan

Asian Games 2018 Dinilai Sukses, Suharno: Satukan Perbedaan

By on 1 September 2018 0 98 Views

Jakarta, ROC – Penyelenggaraan Asian Games 2018 yang tengah berlangsung saat ini dinilai sukses oleh Mayjen TNI (Purn) DR. Ir. H. Suharno, MM. Hal itu terwujud karena  kerjasama semua pihak dan penyederhanaan birokrasi.

Salah satu penyederhanaan birokrasi tersebut adalah dengan dipangkasnya jalur koordinasi yang dulunya melibatkan berbagai pihak, sekarang seluruhnya berpusat di Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC).

“Selain birokasi yang terpusat, juga uang saku dan honor atlit prosedurnya lancar dan tidak rumit, hal ini patut di apresiasi,” ujar mantan Jenderal Bintang Dua ini yang saat ini mencalonkan diri sebagai anggota DPD-RI Dapil Jabar di ruang kerjanya, Sabtu (01/09).

Beliau berharap dengan terselesaikannya uang saku dan honor tersebut, para atlet dan ofisial tim masing-masing cabang olahraga (cabor) berpengaruh besar dan atlit fokus pada perhelatan olahraga se benua Asia tersebut.

“Prestasi olahraga tidak sepenuhnya ditentukan di arena pertandingan. Banyak faktor non-teknis ikut berperan, termasuk dukungan logistik bagi para atlet,” ucapnya.

Selain uang saku dan honor, Suharno mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang menyatakan bahwa bonus untuk atlet Indonesia peraih medali di Asian Games 2018 telah disiapkan. Dan bonus tersebut akan dicairkan secepat mungkin.

“Beliau menyebutkan bahwa bonus akan dicairkan sebelum keringat mereka mengering,” terangnya.

Lanjut Suharno, pada perhelatan kali ini, merupakan raihan medali terbesar yang didapat Indonesia, dimana hingga kemarin Indonesia telah mendapatkan 30 medali emas, dari target 23 emas dan menempati peringkat ke-empat. Hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah dalam membina dan mengkaderisasi atlit.

“Raihan medali saat ini memang pantas kita raih meskipun tidak semua cabang kita ikuti. Dalam pengkaderan para atlit patut diacungi jempol, dimana para atlit yang rata-rata usianya masih muda ini, telah berprestasi, dan diharapkan akan mencapai usia emasnya saat senior nanti ataupun di level pertandingan yang berskala lebih besar, seperti Olimpiade ataupun kejuaraan dunia,” terangnya.

 

Beliaupun memberikan point penting, yaitu dalam pemilihan atlit tidak pandang bulu, bukan masalah senior atau junior, tetapi siapa atlit yang paling berprestasi dan siapa atlit yang mau bekerja untuk mengharumkan nama bangsa, dan atlit tersebut yang terpilih.

“Mungkin dulu ada dugaan atlit yang dipilih adalah yang terkenal, terus dekat dengan pengurus atau pejabat, tetapi hal tersebut sudah tidak nampak,” imbuhnya.

 

Satukan Perbedaan

Ada hal yang unik saat pengelenggaraan Asian Games 2018 ini yang menjadi sorotan calon senator ini. Momen dimana saat peraih medali emas di cabang pencak silat, Hanifan Yudani Kusumah membuat Prabowo Subianto dan Jokowi berpelukan merayakan kemenangan.

Hanif yang turun di kelas C (55-60 kilogram) sukses meraih medali emas usai mengalahkan Thai Linh dari Vietnam 3-2 di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Rabu (29/8).

Usai pertandingan, Hanif yang tengah melakukan selebrasi kemenangan menghampiri Prabowo dan Jokowi yang berada di kursi VIP. Lalu tiba-tiba pesilat tersebut langsung memeluk Prabowo dan Jokowi sehingga menjadi momen yang sangat menyentuh.

“Momen saat Hanifan memeluk keduanya sebagai upaya untuk “mendinginkan” suhu timeline yang tengah memanas lantaran memasuki masa kampanye pilpres, selain itu olahraga dapat menyatukan perbedaan,” ucap Suharno dengan kagum terhadap keberanian Hanifan putra asal Jawa Barat ini yang spontan memeluk kedua calon pemimpin negara ini.

Perlu diketahui, pencak silat merupakan cabang olahraga beladiri dan seni yang dilombakan di Asian Games 2018. Dimana Indonesia meraih 14 emas dari 16 nomor yang dipertandingkan.

Mayjen (Purn) DR. Ir. H. Suharno, MM pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang terlibat, baik pemerintah, penyelenggara, atlit, ofisial, masyarakat dan semua yang terkait dengan Asian Games ini, dimana nama Indonesia mendapatkan apresiasi dari negara lain dengan suksesnya penyelenggaraan.

“Acaranya sangat berkelas dan meriah, komentar dari atlit dan ofisial asing sangat baik. Untuk akomodasi dan transportasi juga sudah tertata apik, sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses,” pungkasnya. (Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *