2 June 2020
  • 2 June 2020
Breaking News
  • Home
  • Headline
  • Anies Baswedan Tidak Ambil Pusing Petisi Miring

Anies Baswedan Tidak Ambil Pusing Petisi Miring

By on 26 May 2019 0 199 Views

JAKARTA, ROC – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan tidak ambil pusing adanya petisi yang menginginkan dirinya dicopot. Menurutnya, tindakan tersebut sebagai bentuk kebebasan berpendapat. Sebagai pajabat publik dia siap untuk dikritik.

Saat ini petisi copot Anies yang dibuat oleh akun Opini Kamu kembali mencuat kepermukaan dan ramai di media sosial (medsos), padahal petisi dibuat 10 bulan silam namun mencapai 100.000 pendukung pada dua minggu yang lalu.

“Setiap warga negara berhak menyampaikan pandangannya, tidak ada larangan sama sekali. Karena itulah kenapa ada Pemilu kenapa ada Pilkada adalah bagian struktur negara, tetapi pandangan boleh saja beda,” kata Anies di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (26/5/2019).

Anies menegaskan bahwa setiap warga negara berhak mengkritik dan sebagai pejabat publik harus siap untuk dikritik bahkan dicaci maki sekalipun oleh rakyatnya.

“Kalau di wilayah publik jangan minta dipuji aja, di wilayah publik itu harus siap dicaci maki, diminta turun, (diminta) naik karena itu prinsipnya sama,” ucap dia.

Anies menyampaikan bahwa prinsip dirinya yang siap untuk dikritik sudah sejak lama dia tuliskan melalui akun pribadinya di Twitter.

“Anda boleh cek tweet saya soal itu tahun 2013 jadi prinsip itu bukan prinsip sekarang tetapi dari dulu saya sudah mengatakan ‘Dicaci tidak tumbang, dipuji tidak terbang’ dan saya tambahkan cek twit lagi nih ‘Alamat keluh kesah adalah pejabat publik’,” ucap Anies.

“Kalau mau jadi pejabat publik maka harus siap untuk menjadi alamat keluh kesah, alamat caci maki harus siap dan saya mengatakan itu sebelum saya menjadi pejabat publik. Ketika saya menjadi pejabat publik ya saya harus jalanin dong maka dari itu kita harus biasa-biasa saja,” imbuh dia.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini kemudian memilih tidak menanggapi semua kritik yang ditujukan kepada dirinya.

“Karena itu kalau ada yang mengkritik nggak usah ditangkep. Saya nggak pernah menangkep orang yang mengkritik saya, sama sekali,” tandas Anies.

 

[spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *