31 May 2020
  • 31 May 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Anies Baswedan Pastikan Perpanjang Masa PSBB Hingga 22 Mei 2020

Anies Baswedan Pastikan Perpanjang Masa PSBB Hingga 22 Mei 2020

By on 22 April 2020 0 122 Views

Foto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 

Jakarta, ROC — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB. Adapun PSBB tahap II ini direncanakan hingga tanggal 22 Mei 2020.

“Pemprov mendengar pandangan ahli bidang penyakit menular, diskusi dengan dinas kesehatan dan putuskan perpanjangan PSBB 28 hari,” kata Anies, Rabu (22/4).

Diketahui, PSBB untuk menekan laju penyebaran virus Corona baru penyebab Covid-19 di DKI Jakarta akan berakhir besok, Kamis (23/4). Dan PSBB akan diperpanjang oleh Pemprov DKI Jakarta

“Artinya periode kedua yakni 24 April 2020 sampai 22 Mei 2020,” ungkap Anies.

Ihwal PSBB DKI Jakarta, Anies memang pernah mengisyaratkan perpanjangan. Dalam rapat dengan Timwas Covid-19 DPR RI, pekan lalu, Anies telah mengatakan, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 menuliskan PSBB diberlakukan selama 14 hari.

“Padahal dalam kenyataan wabah seperti ini tidak bisa selesai dalam 14 hari. Karena itu hampir pasti PSBB ini harus diperpanjang,” katanya dalam rapat yang berlangsung secara virtual, Kamis (16/4) lalu.

Anies mengakui pelaksanaan PSBB tidaklah mudah. Sebab, dibutuhkan kampanye kesadaran secara serius di masyarakat. Penegakan aturan, menurut Anies, akan dilaksanakan.

“Kita akan menegakkan aturan bahkan bisa mencabut izin usaha. Itu semua kita lakukan bertahap. Pertama pemberitahuan, kalau diulang, lakukan tindakan. Karena pada prinsipnya ini bukan penegakan aturan saja tapi ini soal menyebarkan bahaya Covid-19 ini,” ujarnya.

Ia menyebut, kunci keberhasilan menekan penyebaran covid-19 adalah kedisiplinan.

“Saya berharap semua pihak disiplin,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua II Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI Jakarta, Catur Laswanto, menguatkan hal tersebut, dengan menyatakan, bahwa sebelumnya memang telah ada rencana untuk memperpanjang masa PSBB.

“Rencana perpanjangan (PSBB DKI Jakarta), memang telah ada, karena sudah ada isyarat dari Pak Gubernur, dalam rapat dengan Timwas Covid-19 DPR RI, pekan lalu, yang mengatakan, penanganan penyebaran virus Corona, tidak cukup hanya dengan 14 hari,” kata Catur Laswanto.

Sebelumnya, PSBB DKI Jakarta diputuskan oleh Menteri Kesehatan Terawan Letnan Jenderal TNI (Purn) dr. Terawan Agus Putranto melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/239/2020.

Dalam surat keputusan itu, PSBB dilaksanakan selama masa inkubasi terpanjang dan dapat diperpanjang jika terbukti masih ada penyebaran virus Corona di Jakarta. PSBB Jakarta dimulai pada Jumat (10/4) pukul 00.00 WIB.(Red)

 

 

 

👉Terimakasih sudah membaca & membagikan link republik-online.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *