4 July 2020
  • 4 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Anies Baswedan : Fase Hingga 4 Juni Sangat Menentukan Buat DKI

Anies Baswedan : Fase Hingga 4 Juni Sangat Menentukan Buat DKI

By on 26 May 2020 0 61 Views

Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (dok.Youtube BNPB Indonesia)

Jakarta, ROC — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengantisipasi arus balik di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19. Warga yang ingin masuk ke Jakarta harus mengantongi sejumlah syarat, yakni Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM.

“Sejak pertengahan bulan ramadan sudah disampaikan, tetap di Jakarta, karena kalau tidak belum tentu bisa kembali dengan cepat,” ujar Anies dalam konferensi pers di BNPB, Senin (25/5).

Anies Baswedan juga mengatakan saat ini 4 Juni 2020 merupakan fase yang sangat menentukan bagi masyarakat Jabodetabek. Bila virus Corona atau Covid-19 terkendali maka DKI Jakarta akan menghentikan PSBB.

“Pada hari-hari ini bila penularan di DKI Jakarta menurun maka sesudah tanggal 4 Juni, maka kita bisa melakukan transisi menuju normal baru,” ujar Anies.

Meski demikian, tuturnya, bila dalam beberapa hari ke depan angka penularan di DKI Jakarta meningkat maka PSBB akan dilanjutkan kembali.

“Kita mengulang lagi proses kemarin yang sudah kita lakukan,” ujar Anies.

Anies mengatakan sejak pembatasan orang dilakukan mulai pertengahan Maret lalu, angka penambahan Covid-19 di DKI Jakarta menunjukan penurunan. Apalagi survei yang dilakukan menyatakan 60% warga DKI Jakarta memilih untuk tetap di rumah selama pandemi.

Selanjutnya, penumpang MRT tersisa hanya 5% dari biasanya, sementara penumpang bus tinggal 10-15%.

“Ini adalah hasil kerja masyarakat di Jakarta dan Jabodetabek. Karena virusnya menular mlalui pertemuan, maka pertemuan ditiadakan dan dikurangi,” pungkasnya.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *