26 October 2020
  • 26 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Anies Bakal Tutup Bioskop yang Tidak Taat Protokol Kesehatan

Anies Bakal Tutup Bioskop yang Tidak Taat Protokol Kesehatan

By on 26 August 2020 0 87 Views

Ket.gbr: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, belum mengatakan secara pasti kapan pembukaan bioskop akan dilakukan.

ROC — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, berjanji akan melakukan pengawasan protokol kesehatan yang ketat pada sebelum dan saat pembukaan bioskop selama masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Anies mengatakan Pemprov DKI Jakarta tidak akan memberikan toleransi bagi setiap pengelola bioskop yang kedapatan melanggar protokol kesehatan.

“Bila ada kegiatan bioskop yang nanti tidak mengikuti protokol kesehatan, maka langkah yang dilakukan DKI cukup sederhana, yaitu menutup kegiatan usahanya. Jadi semuanya harus disiplin, semuanya mengikuti protokol, bila tidak diikuti maka langsung kita akan lakukan penutupan,” kata Anies dari Gedung BNPB, Jakarta, Rabu (26/8).

Mantan Mendikbud itu menganggap protokol kesehatan akan lebih mudah diterapkan di bioskop sebab tidak banyak interaksi antar penonton saat film diputar, interaksi juga hanya dengan orang terdekat yang memudahkan tracing, dan saat menonton hanya menghadap ke satu layar bioskop.

“Ini berbeda dengan di restoran, di cafe, di mana satu sama lain justru saling ngobrol. Jadi, ini mirip situasinya dengan penerbangan pesawat, pesawat itu ruangannya kecil, tapi bisa diatur duduk siapa duduk dimana, bisa diatur mengenai sirkulasi udaranya dengan menggunakan fasilitas dengan standar protokol kesehatan,” ucapnya.

Meski demikian, Anies tidak mengatakan secara pasti kapan pembukaan bioskop akan dilakukan.

“Dalam waktu dekat ini kita akan mengumumkan,” tutur Anies.

Sebelum diizinkan beroperasi, Anies meminta para pengelola bioskop untuk benar-benar mempersiapkan protokol kesehatan sebelum mengajukan pembukaan bioskop, sebab jika melanggar maka akan langsung ditutup oleh Pemprov DKI.

Selama proses persiapan pembukaan bioskop, Anies meminta masyarakat juga bersiap menaati seluruh protokol kesehatan di bioskop sebelum nantinya dibuka.

Untuk diketahui, Jakarta masih berada di zona merah, jumlah pasien positif terjangkit virus Covid-19 di Jakarta juga terus bertambah.

Hingga Selasa (25/8), tercatat total akumulasi seluruh pasien positif berjumlah 34.931 orang yang tersebar di seluruh Ibu Kota, kemudian 25.463 orang dinyatakan sembuh, dan 1.129 orang lainnya dinyatakan meninggal dunia.

Pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit berjumlah 2.686 orang. Lalu orang yang menjalani isolasi mandiri saat ini totalnya adalah 5.310 orang. (red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *