5 April 2020
  • 5 April 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Aliansi Mahasiswa Bergerak Mulai Demo di Patung Kuda, Ini 9 Tuntutannya

Aliansi Mahasiswa Bergerak Mulai Demo di Patung Kuda, Ini 9 Tuntutannya

By on 28 October 2019 0 95 Views

Jakarta, ROC – Massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Bergerak (Ampera) berdemonstrasi di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka menyampaikan sembilan tuntutan aksi.

Massa mulai berkumpul di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019) pukul 13.45 WIB. Massa merupakan mahasiswa Universitas Nasional, Front Mahasiswa Nasional (FMN), hingga Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Massa membawa bendera Indonesia dan spanduk bertuliskan kritik untuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Mereka menyampaikan aspirasi seputar isu pertanian.

“Segera akhiri asap dan selamatkan korban, akhiri produksi pertanian monopoli terbelakang berorientasi ekspor,” demikian bunyi tulisan spanduk yang dibentangkan massa aksi.

Perwakilan massa secara bergantian menyampaikan orasi di atas mobil komando. Para polisi juga siaga mengamankan jalannya aksi.

Adapun sembilan tuntutan mahasiswa dalam demo peringatan Hari Sumpah Pemuda ini sebagai berikut:

1. Jalankan reforma agraria sejati
2. Hentikan bencana asap yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan serta berikan pengobatan gratis terhadap korban asap
3. Tolak RUU Pertanahan
4. Tolak UU KPK
5. Tolak RUU Ketenagakerjaan
6. Tarik Mundur Militer dari tanah Papua dan hentikan operasi militer di Papua
7. Berikan hak demokratis bagi rakyat Papua
8. Berikan akses seluas-luasnya bagi rakyat untuk menempuh pendidikan terkhusus anak buruh di perkotaan dan anak kaum tani di pedesaan
9. Berikan lapangan pekerjaan yang pasti bagi tenaga produktif

Aliansi Mahasiswa Bergerak Mulai Demo di Patung Kuda, Ini 9 Tuntutannya

Selain massa Ampera, ada massa yang menuntut kasus penembakan mahasiswa di Kendari diusut tuntas. Mereka terpisah dari rombongan massa Ampera.

Selain itu, mahasiswa dari lintas kampus akan menggelar demonstrasi di depan Istana. Mereka menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) pencabut UU KPK.

“Kami akan long march dari Dukuh atas ke Bundaran HI, menuju Sarinah, sampai ke Patung Kuda,” kata Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) Manik Margamahendra kepada wartawan.

“Kalau bisa ke depan Istana, maka kami akan ke depan Istana,” sambungnya.

Demonstrasi di Hari Sumpah Pemuda ini dinyatakannya dilakukan oleh mahasiswa lintas kampus dan juga elemen masyarakat. Dia menginformasikan sudah ada aliansi masyarakat yang berkumpul di Dukuh Atas, tapi mahasiswa UI masih mengumpulkan massa di Balai Kampus, Depok.

“Kami akan mulai long march siang nanti, setelah zuhur, sekitar jam 13.00 WIB,” ujar Manik.

(Red/Detik)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *