18 July 2019
  • 18 July 2019
Breaking News

Alasan SBY Absen di Debat Perdana Capres-Cawapres

By on 17 January 2019 0 130 Views

Jakarta, Roc – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) memutuskan untuk tak hadir dalam debat perdana capres-cawapres yang digelar KPU di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, malam nanti. SBY memilih menyaksikan debat melalui layar kaca.

“Pak SBY itu kan orang yang sangat memperhitungkan segala sesuatu, dia memperhitungkan tepat beliau hadir atau tidak, berguna atau tidak. Jadi beliau merasa untuk saat ini tidak begitu penting untuk hadir di sana itu yang pertama,” kata Ferdinan ditemui di lokasi debat, Kamis (17/1).

“Yang kedua, beliau ingin memberikan kesempatan kepada yang lain untuk hadir di ruang debat. Karena kalau pak SBY datang kan butuh koordinasi keamanan, apalagi segala macam, karena kan beliau VVIP di negara ini,” tambahnya.

Sehingga, SBY enggan menambah pekerjaan aparat terkait pengamanan dirinya. “Jadi beliau juga tidak ingin menambah pekerjaan aparat juga untuk pengamanan, pak SBY itu luar biasa loh memikirkan sejauh itu. Jadi beliau memutuskan untuk menyaksikan di rumah saja debatnya,” sambungnya.

Setali tiga uang, pun Ferdinan menepis ketidakhadiran SBY terkait viral video ia terkesan dicueki oleh Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Video berdurasi 37 detik yang beredar di dunia maya itu terlihat usai menyapa SBY, perhatian Prabowo lantas teralihkan oleh kedatangan Wakil Dubes Rusia. Wakil Dubes Rusia itu nampak menyapa Prabowo saat hendak menyampaikan pidato kebangsaan di JCC, Senayan pada Senin (14/1) lalu.

“Ditinggal bagaimana orang kita becanda di jalan, santai santai aja. Enggak ada sama sekali (tak hadir karena dicuekin). Jadi peristiwa itu bukan ditinggal. Lihat kita harus memahami bahwa itu kan Wakil Duta Besar Rusia, yang memang sudah janjian dengan Mas Prabowo dan diundang langsung,” kata Ferdinand.

“Dalam pertemanan seperti ini tidak ada semua pembicaraan beliau dengan diplomat tersebut ingin didengar oleh orang lain jadi sempat menyingkir sebentar, jadi bukan ditinggal,” sambungnya.

Ia pun mengungkapkan, ketika berada di dalam ruangan antara SBY, Prabowo dan Wakil Dubes Rusia itu asyik berbincang hingga sesekali tertawa.

“Sama juga, semua pasti akan begitu. Saya juga begitu kalau kedatangan teman, pembicaraan saya tidak ingin didengar oleh siapa pun tentu saja akan menghindar jadi bukan ditinggalkan atau dicuekin. Faktanya sehabis ngobrol sedikit itu ramai-ramai lagi di dalam, di hallding itu kan kita tertawa bercerita, tidak ada yang kesannya merasa ditinggal atau apa,” ungkapnya.

Sebelumnya, SBY dipastikan tidak akan hadir pada debat pertama capres-cawapres. Nantinya, SBY sapaan akrabnya hanya akan menyaksikan lewat televisi saja.

“Pak SBY ini pertama tidak ada jadwal untuk datang ke rumah Pak Prabowo. Kedua, juga tidak ada jadwal untuk hadir di ruang debat di Bidakara yah. Jadi beliau akan ada di kediaman menyaksikan dari televisi saja siaran langsungnya debatnya nanti seperti apa. Jadi Pak SBY dipastikan tidak hadir di ruang debat maupun di Kertanegara untuk ketemu Pak Prabowo,” kata Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Ferdinand Hutahaean di Media Center BPN, Jakarta Selatan. [Spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *