26 November 2020
  • 26 November 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Alami Cedera Lutut, Bintang Muda Barcelona Ansu Fati Diperkirakan Absen Hingga 5 Bulan

Alami Cedera Lutut, Bintang Muda Barcelona Ansu Fati Diperkirakan Absen Hingga 5 Bulan

By on 8 November 2020 0 60 Views

Ansu Fati yang berusia 17 tahun 31 hari, menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Timnas Spanyol. Fati menyumbang gol bagi Spanyol di pertandingan UEFA Nations Leagued dan meruntuhkan rekor Juan Errazquin yang berusia 18 tahun 344 hari waktu itu. (ROC)

ROC — Ansu Fati mengalami cedera lutut saat Barcelona mengalahkan Real Betis 5-2 dalam lanjutan Liga Spanyol Ahad dini hari WIB. Pemain 18 tahun itu diperkirakan harus absen hingga lima bulan untuk pemulihan.

Fati ditarik keluar di babak pertama karena mengalami cedera setelah diganjal bek Betis Aissa Mandi. Akibat insiden itu, Barcelona mendapatkan hadiah tendangan penalti sebelum turun mium. Antoine Griezmann yang menjadi ekskutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Fati kemudian digantikan Lionel Messi di babak kedua.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui Fati menderita robek pada meniskus interiornya. Dengan cedera itu, dia akan membutuhkan waktu pemulihan lama.

Dokter Ripoll dari Klinik Olahraga Ripoll and De Prado menyatakan, pemain internasional Spanyol itu kemungkinan membutuhkan waktu pemulihan hingga lima bulan.

“Cedera Ansu Fati mengejutkan kami semua pada Sabtu malam ini. Barcelona telah menyampaikan mediskus interior dan kami berbicara kepada pemain 18 tahun itu,” kata Ripoll.

“Itu harus dijahit dan (meniskus) harus dipertahankan karena menyerap guncangan lutut dan melindungi tulang rawan. Oleh karena itu, tulang rawan perlu dilindungi dengan segala cara,” dia menjelaskan.

“Kami dapat mengatakan tentang periode absen antara tiga hingga lima bulan.” tambahnya.

Absennya Ansu Fati menjadi pukulan bagi tim Catalan. Sebab, pemain 18 tahun itu mempunyai peran peting di skuad asuhan Ronald Koeman meski usianya masih muda.

Musim lalu, Barcelona juga menghadapi masalah pelik terkait cedera pemain. Saat itu, Ousmane Dembele dan Luis Suarez harus absen lama untuk pemulihan akibat cedera. Situasi itu membuat Catalan melakukan penandatanganan darurat setelah bursa transfer musim dingin dengan Martin Braithwaite.

Tak hanya Barcelona, Timnas Spanyol tentunya akan kehilangan Ansu Fati yang sudah diumumkan masuk skuad Luis Enrique awal pekan ini. Pemain Barcelona itu dipastikan tidak akan memperkuat Spanyol saat melawan Swiss, Belanda, dan Jerman pada November ini.

Untuk diketahui, Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Timnas Spanyol. Fati yang berusia 17 tahun 31 hari menyumbang gol bagi Spanyol di pertandingan UEFA Nations Leagued. Ia meruntuhkan rekor Juan Errazquin yang berusia 18 tahun 344 hari waktu itu, sebagai pemain termuda Spanyol yang ciptakan gol yang sudah 95 tahun tak terpecahkan siapapun.

Tahun lalu Fati sudah menjadi pencetak gol termuda sepanjang masa Barcelona, ketika menyarangkan bola ke gawang Osasuna dalam pertandingan La Liga. Fati juga jadi pemain paling muda yang cetak gol saat Liga Champions ke gawang Inter Milan Desember lalu. Selain itu, dia juga jadi pemain termuda kedua Spanyol saat debutnya dalam laga Kamis pekan lalu melawan Jerman. Fati lahir di Guinea Bissau tapi hijrah ke Spanyol di usia enam tahun bersama keluarganya.

(idj/red)

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *