23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Agar Pertumbuhan Ekonomi tak Rusak, Jokowi Terapkan Lockdown Skala Mikro

Agar Pertumbuhan Ekonomi tak Rusak, Jokowi Terapkan Lockdown Skala Mikro

By on 11 February 2021 0 59 Views

Ket gbr: Presiden Jokowi menilai implementasi PPKM tidak tegas dan inkosisten. (Sumber: Youtube Setpres).

ROC — Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan pertumbuhan dan kegiatan ekonomi di Indonesia tetap berjalan meski dalam situasi pandemi Covid-19. Untuk itu, Jokowi menegaskan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilakukan hanya untuk skala mikro saja.

“Jadi lockdown skala mikro, tidak merisak pertumbuhan ekonomi, dan tidak merusak kegiatan ekonomi masyarakat. Karena yang kita lockdown adalah dalam skala kelurahan, RW, RT,” kata Jokowi di Peresmian Pembukaan Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Istana Negara, Kamis (11/2).

Jokowi lebih lanjut minta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh daerah untuk melakukan pemetaan zonasi penyebaran Covid-19 secara detail hingga tingkat RT. Dalam upaya menekan laju penularan virus, sambung Jokowi, jangan sampai yang positif Covid-19 satu orang di satu RT tetapi lockdown terjadi di seluruh kota.

“Lihat proses-proses yang dilakukan negara lain, melakukan lockdown negara, me-lockdown satu provinsi, satu kota, ekonominya jatuh. Jadi hati-hati mengenai ini,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga mengingatkan pemerintah daerah memberi perhatian serius untuk ketersediaan obat-obatan, bed di rumah sakit, hingga tenaga medis.

“Harus selalu dicek, dimonitor, dan jangan ragu kalau memang dirasa kurang minta bantuan dari pemerintah pusat, TNI maupun Polri,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga minta ada manajemen persiapan untuk percepatan vaksinasi Covid-19. Lantaran, minggu depan vaksinasi sudah mulai dilakukan untuk pelayan publik.

“Untuk yang mobilitasnya tinggi harus didahulukan, misalnya pasar, misalnya sektor jasa yang interaksinya tinggi, bukan orang per orang, karena kita ingin melakukan vaksinasi itu klaster, memagari sehingga tercapai herd immunity,” jelasnya.

menegaskan tidak ingin tatanan ekonomi Indonesia rusak jatuh akibat pandemi Covid-19. Atas dasar itu, Jokowi mengatakan penerapan PPKM dilakukan secara mikro.

Yang sering kita keliru di sini, kita memang harus bekerja lebih detail lagi lockdown skala mikro

Jangan hanya menyuruh pakai masker pada masyarakat, tapi juga bagi masker

Tes lacak, isolasi juga bisa dipakukan jika dirasa perlu, ini bisa dilakukan tapi dalam sekala mikro, kampung, desa, ‘jangan sampai yang terkena virus 1 kelurahan yang kena lockdown1 kota.

Red

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *