24 March 2019
  • 24 March 2019
Breaking News

Adjeng Ratna Suminar, Wanita Tangguh Bantu Pahlawan Devisa

By on 30 August 2018 0 45 Views

Bandung, ROC – Calon anggota DPR-RI Dapil II Jabar, DR. Hj. Raden Adjeng Ratna Suminar, SH, MM merupakan salah satu sosok perempuan di Indonesia yang berani, lantang serta berani menyuarakan kebenaran walaupun harus menghadapi banyak sekali rintangan yang harus dihadapinya.

Politisi yang dikenal sebagai ibu bagi dunia pendidikan, serta mempunyai kepedulian social yang sangat tinggi ini, sebelumnya pernah menjabat sebagai anggota Komisi II DPR-RI periode 2009-2014.

Salah satu track record yang pernah beliau kerjakan adalah, kepedulian yang sangat tinggi terhadap para tenaga kerja Indonesia ataupun tenaga kerja wanita yang bekerja sebagai pembantu berbagai belahan negara.

Ibu Adjeng bersama para TKW di Singapura yang menjadi korban kekerasan dari majikannya

Selain membantu pemulangan para TKW yang terkena kasus pelecehan seksual, kekerasan, terpidana dan lain lain, ibu Adjeng tergerak hatinya agar para TKW dan TKI yang sudah purna agar bisa mendapatkan pekerjaan ataupun usaha yang layak di negerinya sendiri, sehingga tidak perlu lagi kembali ke negara lain untuk mencari nafkah.

Adjeng Ratna Suminar saat mengunjungi Nirmala Bonat, TKW asal NTT yang menjadi korban kekerasan di Malaysia

Keiinginan kuat wanita berusia 57 tahun ini bermula saat memulangkan TKW yang bekerja di Malaysia dan Arab Saudi, mereka berteriak dan meminta kepada pemerintah apa yang akan diberikan kepada mereka agar tidak kembali lagi ke negeri sebrang,

Ibu Adjeng saat di Kedubes RI untuk Malaysia, menemani TKW yang hilang ingatan akibat kekerasan dari majikannya.

“12 atau 13 tahun yang lalu kita memulangkan TKW atau TKI yang bekerja di Malaysia ataupun Arab Saudi, saat memulangkan mereka di kapal Pelni dari Malaysia mereka berterik apa yang akan ibu DPR dan pemerintah setelah kami di Indonesia, apa yang harus dikerjakan apa dagang dana darimana, betapa sulitnya berwirausaha, kemungkinan akan balik lagi kalau gak ada kerjaan,” ujarnya.

Bertemu dengan TKW korban perkosaan di KBRI Malaysia

Dari hal tersebut, ibu Adjeng mengarahkan kepada para TKW dan TKI agar bisa bergabung di induk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dan hasilnya bisa dirasakan oleh mereka saat ini, salah satunya di daerah Sindang Kerta, Bandung Barat ini, mereka bisa berwirausaha dalam berbagai bidang.

Ibu Adjeng mendedikasikan dirinya untuk membantu para pahlawan devisa dari 20 tahun lalu, Seperti memulangkan Siti Khadijah TKW asal Sumenep Madura yang di lempar dari lantai 8 majikannya di Malaysia.

“Dulu mereka tidak percaya bagaimana caranya, sekarang terealisasi apa yang diinginkan oleh TKI tersebut, mantan purna TKI saat ini ada kegiatan berwirausaha dan UMKM, contohnya di Sindangkerta ini,” kata ibu Adjeng.

Ibu Adjeng Ratna Suminar bersama Mayjen (Purn) DR.Ir.H, Suharno MM saat berkunjung ke acara Purna TKI di SIndangkerta, Bandung Barat.

Para purna TKI dan TKW di daerah ini, sekarang kondisinya sudah sangat menggembirakan, kondisi perekonomian lebih meningkat. Dan diharapkan kedepannya, program ini akan terus dilanjutkan, bahkan ditingkatkan, sehingga para pahlawan devisa ini, akan menjadi raja di negerinya sendiri. (Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *