29 March 2020
  • 29 March 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Ada 89 Titik Kerusakan di Tanggul Kali Bekasi Usai Diterjang Banjir

Ada 89 Titik Kerusakan di Tanggul Kali Bekasi Usai Diterjang Banjir

By on 6 January 2020 0 50 Views

ROC – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat mendata ada 89 titik tanggul di Kali Bekasi rusak akibat diterjang arus cukup deras pada saat banjir parah Rabu-Kamis lalu. Berbagai macam kerusakan mulai jebol, rebah, hingga bocor.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan kerusakan tanggul akan segera diperbaiki mengingat curah hujan tinggi pada 11-15 Januari mendatang.

“Karena dalam kondisi hujan normal pun itu sudah berpotensi air keluar dari kali,” kata Tri Adhianto, Senin (6/1).

Menurut Tri, ada sebanyak 50 tim ahli dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat diturunkan untuk merevitalisasi tanggul di sepanjang Kali Bekasi. Beberapa titik yang bocor, kata dia, telah ditambal.

Meski penanganan sementara, kata dia, kualitasnya dipastikan sama sebelum rusak.

“Kondisinya sudah sangat parah dan mereka (tim ahli) sudah bergerak terutama di Kali Bekasi,” katanya.

Permukiman penduduk yang berada di bantaran Kali Bekasi mulai dari Jatiasih hingga Bekasi Utara. Titik banjir terparah berada di Komplek Pondok Gede Permai, Vila Jatirasa, Kemang IFI, Jaka Kencana, PML, Kartini, Teluk Pucung. Bahkan, kawasan elit Kemang Pratama juga terendam banjir.

Salah satu titik tanggul rebah berada di Perumahan Jaka Kencana, Bekasi Selatan. Di lokasi ini tanggul sepanjang 70 meter rebah akibat konstruksi pada bawah tanggul terkikis oleh arus. Adapun di lokasi itu ketinggian banjir mencapai 3-4 meter. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *