31 May 2020
  • 31 May 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • 5 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan, Menjaga Sistem Imun Tubuh

5 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan, Menjaga Sistem Imun Tubuh

By on 19 December 2019 0 101 Views

Jakarta, ROC – Manfaat rambutan bagi kesehatan perlu diketahui oleh Anda yang suka dengan buah rambutan. Rambutan sangat kaya akan nutrisi sehingga mampu untuk mengobati beberapa macam penyakit yang diderita manusia.

Tanda kematangan buah ini bisa dilihat dari warna kulitnya, jika dia masih hijau, itu tandanya masih mentah, ketika matang rambutan akan berwarna merah merona. Berikut 5 manfaat rambutan bagi kesehatan, untuk Anda:

Menjaga Sistem Imun Tubuh

Buah rambutan dapat menjaga sistem kekebalan atau imun tubuh Anda. Hal ini karena kandungan sifat antioksidan dan antibakteri di dalamnya guna melindungi tubuh dari serangan penyakit, ini dijelaskan oleh sebuah penelitian pada 2009 silam. Vitamin C dalam rambutanlah yang menghasilkan antioksidan. Vitamin C ini berguna dalam melakukan dorongan terhadap darah putih agar melawan infeksi.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Rambutan memiliki kandungan serat yang tidak larut air, ini membuat jenis serat ini tak akan menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan Anda. Jadi, sebagian besar serat yang tak larut air dan terkandung dalam rambutan ini akan langsung masuk ke sistem pencernaan, sehingga mendorong kotoran yang ada di usus. Maka, ini akan membuat sistem pencernaan Anda menjadi sangat lancar.

Menurunkan Berat Badan

Umumnya, 100 gram daging rambutan mengandung 75 kalori dan 1,3 hingga 2 gram di dalamnya. Buah rambutan memiliki kandungan serat yang tinggi, namun memiliki kalori yang sangat rendah.

Jadi, dengan mengonsumsi rambutan tidak akan membuat Anda gemuk. Memakan buah rambutan sangat aman untuk berat badan, meski mengonsumsinya dalam jumlah banyak sekalipun. Keistimewaan lain dari buah rambutan adalah mampu membuat Anda kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar.

Menjaga Jantung, Tulang dan Otak

Buah rambutan mengandung mineral penting di dalamnya terutama pada tembaga dalam daging. Tembaga akan memiliki peran penting untuk menumbuhkan dan memelihara sel-sel dalam tubuh, yaitu sel jantung, sel tulang dan sel otak.

Penangkal Radikal Bebas

Rambutan dapat Anda jadikan sebagai penangkal radikal bebas. Ini dikarenakan rambutan memiliki antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C dalam buah rambutan. Dengan begitu, akan membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh menjadi lebih mudah.

(Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *