12 November 2019
  • 12 November 2019
Breaking News

Proyek Normalisasi Kali Sadar Ditinjau Wagub Mojokerto

By on 11 January 2019 0 186 Views

Mojokerto, Roc –  Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi meninjau langsung proyek normalisasi kali sadar yang berada di Kecamatan Mojoanyar.Pengerjaannya ini dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dalam penanggulangan banjir diWilayah Kabupaten Mojokerto.

Peninjauan proyek ini Wakil Bupati Mojokerto didampingi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), proyek normalisasi sungai yaitu pelebaran, pengangkatan sedimen (endapan) serta pembangunan plengsengan.
Wakil Bupati Mojokerto mengatakan bahwa proyek ini memang bukan milik Pemerintah Kabupaten Mojokerto, karena pelaksanaannya ada di wilayah Kabupaten Mojokerto maka kami wajib ikut mengawasinya. Proyek ini merupakan solusi penanganan banjir diWilayah Kabupaten khususnya diKecamatan Mojoanyar,jelasnya.
Pungkasiadi selaku Wakil Bùpati Mojokerto mengatakan bahwa banjir dimojoanyar selama ini dipicu karena luberan air Sungai Sadar saat musim hujan dan Pemerintah Kabupaten Mojokerto kesulitan mengatasi dikarenakan kewenangan sungai ada di Balai Besar Wilayah Sungai. Jadi ada pengerjaan normalisasi dari Pusat kitapun terbuka menawarkan diri untuk membantu, jelasnya.
Kepala BPBD M. Zaini mengatakan bahwa kawasan yang paling rawan banjir memang berada disepanjang aliran kali sadar. Yang paling parah berada didesa sadar tengah karena kalau hujan lebat serta terus menerus  bisa-bisa tenggelam se ukuran diatas lutut, katanya. Kali sadar dinormalisasi namun pihka Kabupaten Mojokerto juga melakukan normalisasi anak sungai kali sadar dengan menggunakan dana swadaya.
BPBD, Dinas PUPR dan desa mengadakan urunan untuk membenahi sungai yang betul-betul urgent untuk dibenahi. Sebab kalau ada anak sungainya yang tidak dinormalisasi, maka potensi banjir masih bisa terjadi, jelasnya. (US/NS)
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *