5 December 2019
  • 5 December 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • 2,2 Juta Ton Garam Impor Masuk ke RI per Oktober 2019

2,2 Juta Ton Garam Impor Masuk ke RI per Oktober 2019

By on 5 November 2019 0 21 Views

Jakarta, ROC – Direktur Jenderal Perdagangan Kementerian Perdagangan Indrasari wisnu wardhana mengatakan, garam impor sudah masuk 2,2 juta ton ke dalam negeri. Jumlah tersebut merupakan bagian dari kuota impor garam tahun ini sebesar 2,7 gram.

“2,216 juta ton per Oktober,” ujar Indrasari di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/11).

Indrasari mengatakan, sejauh ini belum ada permintaan untuk menambah kuota impor garam. Selain itu dia menegaskan, kuota impor tahun ini tidak akan terealisasi seluruhnya apabila industri tidak membutuhkan.

“Tergantung industrinya, mau direalisasi semuanya atau tidak. (Akan segera keluar?) Kan udah dikeluarkan dari kemarin-kemarin, tinggal realisasinya,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan, pihaknya belum melihat saat ini ada urgensi untuk menambah kuota impor. Impor bisa dilakukan apabila kebutuhan dalam negeri tidak mampu dipenuhi oleh petani garam.

“Pada akhirnya impor itu suatu keterpaksaan. Bukan suatu keharusan. Kalau dalam negeri ada tentunya tidak akan serapan. Kalau ada produksi dalam negeri kita, kita pakai yang didalam negeri,” jelasnya.

 

(Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *