27 October 2020
  • 27 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • 21 Relawan Uji Suntik Vaksin Covid-19 Selesai, Ridwan Kamil ikut Daftar

21 Relawan Uji Suntik Vaksin Covid-19 Selesai, Ridwan Kamil ikut Daftar

By on 14 August 2020 0 76 Views

ROC — Uji klinis terhadap calon vaksin Covid-19 telah selesai dilakukan terhadap sejumlah relawan. Terdapat 21 relawan yang sudah disuntik calon vaksin Covid-19 dari perusahaan China.

“Sampai sekarang tidak ada yang mengeluh,” ujar Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy Fadlyana, Jumat (14/8).

Eddy menjelaskan, setelah disuntik vaksin, tim peneliti akan menunggu selama 30 menit untuk menilai reaksi lokal di tempat suntikan dan reaksi sistemik seperti demam. Pada umumnya, 21 relawan ini mengalami reaksi ringan, yakni nyeri di tempat suntikan. Namun, rasa nyeri itu berangsur hilang.

Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari FK Unpad Rodman Tarigan mengatakan, kondisi kesehatan relawan terus dipantau petugas kesehatan.

Pemantauan dilakukan selama jalannya penelitian atau 6 bulan setelah pemberian vaksin terakhir.

“Sudah diberitahukan ke relawan kalau ada hal-hal yang tidak nyaman segera hubungi tim,” kata Rodman.

Sebelumnya, pendaftaran relawan uji klinis calon vaksin Covid-19 fase 3 masih dibuka hingga 31 Agustus 2020.

Untuk fase 3, jumlah relawan yang dibutuhkan sebanyak 1.620 orang.

Hingga kini, jumlah relawan yang mendaftar sudah sebanyak 1.451 orang.

Ada beberapa manfaat keikutsertaan dalam penelitian, seperti pemeriksaan apus tenggorokan dan rapid test Covid-19 secara cuma-cuma.

Kemudian, peserta kemungkinan mendapatkan manfaat kekebalan terhadap Covid-19. Bagi yang mendapat plasebo akan memperoleh vaksin Covid-19 setelah vaksin didaftarkan.

Selanjutnya, kesehatan peserta akan dipantau oleh petugas kesehatan secara teratur selama jalannya penelitian, atau 6 bulan setelah pemberian vaksin terakhir.

Selain itu, peserta dilindungi asuransi kesehatan. Bagi yang berminat menjadi relawan bisa menghubungi Clinical Research Unit Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin Bandung.

Ridwan Kamil ikut jadi relawan vaksin Covid-19

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga ikut mendaftarkan diri sebagai relawan vaksin Covid-19.

Alasan ia mendaftarkan diri sebagai relawan untuk membendung hoaks tentang vaksin Covid-19.

Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, dengan ikut sertanya ia menjadi relawan, maka akan terbukti bahwa vaksin Covid-19 aman digunakan. Apalagi jika sudah lulus uji klinis tahap ketiga.

“Supaya kita me-manag komunikasi publik juga dan mengurangi hoaks dan keresahan, saya, Pak Kapolda dan Pangdam juga mendaftarkan diri sebagai relawan dari 1600-an sehingga menurunkan spekulasi spekulasi dan provokasi yang tidak perlu,” kata Emil dalam sambutan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat kanal youtube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8) lalu.

Harapannya, nanti masyarakat tak ragu untuk divaksinasi bila uji klinis ketiga vaksin dari Sinovac itu berhasil dan diproduksi massal.

“Jadi biasanya vaksin itu tiga kali (uji klinis). Dua kali dites di negara produsennya, satu kali terakhir di negara yang akan membeli atau membutuhkan vaksin,” lanjut Emil.

Adapun calon vaksin virus Corona dari Sinovac Biotech Ltd China telah tiba di Indonesia untuk dilakukan uji klinis, pada Juli.

Keterangan itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Teuku Faizansyah, pada Minggu (19/7) lalu.

Selanjutnya vaksin dari perusahaan asal China itu telah diserahkan kepada PT Bio Farma untuk diuji klinis.

Namun, Indonesia bukan satu-satunya negara yang menguji coba kandidat vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Negara lain yang turut menjadi tempat uji klinis itu ialah Bangladesh dan Brazil. (Red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *