30 March 2020
  • 30 March 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • 2 Orang Positif Corona di Indonesia, Ini Penjelasan Jokowi dan Terawan

2 Orang Positif Corona di Indonesia, Ini Penjelasan Jokowi dan Terawan

By on 2 March 2020 0 96 Views

Jakarta, ROC — Dua WNI warga Depok per Minggu, 1 Maret telah dinyatakan positif terjangkit virus corona. Sebelumnya, keduanya sempat didiagnosa Bronkitis. Setelah ditelusuri, diketahui kedua WNI tersebut diduga berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3).

Atas pernyataan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto angkat bicara.

Berikut ini poin-poin penjelasan Presiden Jokowi dan Menkes Terawan:

Tertular WN Jepang

Presiden Jokowi mengonfirmasi dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona. Dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia.

“Ternyata orang (WN Jepang) yang terkena virus Corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun, di Indonesia,” kata Jokowi.

“Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif Corona,” tambahnya.

Dirawat di RS

Jokowi mengatakan dua korban, ibu dan anak, yang positif Corona tersebut berada di rumah sakit.

“Ibu itu di Indonesia. Sudah di rumah sakit, dan diisolasi sedara terpisah,” jelas Jokowi.

Tertular di Depok

Dua WN Jepang ini berkunjung ke Depok.

“Terkenanya di rumahnya, rumahnya di Depok,” kata Menkes Terawan Agus Putranto di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Dua orang itu disebut tinggal di Depok. Tempat tinggal keduanya sudah dicek. Namun belum ada penjelasan soal lokasi detail rumah kedua orang itu. Namun dipastikan kedua orang itu kini sudah dirawat di rumah sakit.

“Rumahnya dicek, ibu dan anak. (Usia) 61 dan 31 tahun. Sudah melakukan isolasi,” ujar Terawan.

RSPI Sulianti Saroso

Keduanya kini dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara.

“Di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” kata Menkes.

Lebih lanjut Jokowi mengklaim Indonesia sudah mempersiapkan antisipasi dari jauh hari untuk mencegah masuknya virus ini.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional,” katanya.

Menurutnya, ini pertama kalinya Indonesia memiliki kasus virus Corona. Sebelumnya, pemerintah menegaskan Indonesia masih nihil kasus Corona.

“Kita juga miliki reagen yang cukup. Kita juga miliki tim gabungan TNI Polri sipil dalam penanganan ini. Kita juga miliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada. Kita juga miliki anggaran dan sudah diprioritaskan. Karena kalau tidak serius, ini sangat berbahaya karena penyakit ini perlu kita waspadai,” ujar Jokowi. (idj/idj)

Foto : wartakota

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *