25 January 2021
  • 25 January 2021
Breaking News

Densus 88 Antiteror Amankan 20 Terduga Teroris di Makassar

By on 6 January 2021 0 30 Views

Perumahan Villa Mutiara Biru yang terletak di Kelurahan Bulorokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, diduga menjadi pusat berkumpulnya terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sulsel. Foto Dok: Humas Polda Sulsel

ROC – Densus 88 Antiteror mengamankan 20 terduga teroris di Makassar, Sulawesi Selatan Rabu (6/1) pukul 06.00 WITA. Dua di antaranya ditembak karena lakukan perlawanan dan meninggal dunia, dan satu orang terluka. Lokasi kejadian berada di kompleks Villa Mutiara Biru 11 No 1 dan No 24, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanayya.

“Telah dilakukan penindakan oleh Densus 88 Mabes Polri terhadap jaringan teroris di perumahan Villa Mutiara Biru. Ada 20 orang jaringan teroris pendukung khilafah ISIS, dua di antaranya meninggal dunia karena lakukan perlawanan dengan menggunakan parang dan senapan angin PCP berinisial MR dan SA lalu satu orang lainnya luka tembak berinisial I. 17 lainnya kita amankan,” kata Kapolda Sulsel, Irjen Polisi Merdysam.

Hubungan dua pelaku yang meninggal adalah mertua dan menantu. Anggota keluarganya yang lain sementara diambil keterangannya oleh Densus 88. Saat penangkapan, lanjutnya, disita sejumlah parang, busur, senapan PCP dan dokumen-dokumen.

Dua pelaku yang meninggal bagian dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), bersama ratusan jemaah lainnya yang menyatakan baiat ke ISIS tahun 2015.

Selanjutnya, kata Merdy, kelompok ini melakukan kajian khusus pendukung daulah di Villa Mutiara dan Yayasan Arridho. Tahun 2016, mereka sempat bermaksud hijrah untuk bergabung dengan ISIS di Suriah namun berhasil digagalkan di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

“Dua pelaku yang meninggal dunia ini (MR dan SA) juga terlibat pengiriman dana pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Jolo, Philipina. Sejak Oktober 2020, mereka aktif latihan menembak dan naik gunung,” ujarnya.

Merdysam mengatakan, para pelaku sudah tinggal di sana sekitar 5 tahun. Dan rumah ditinggali merupakan milik sendiri.

Red

👉Terimakasih sudah membaca & membagikan link republik-online.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *